LAPORAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA
(PSG)
DI BENGKEL BIJAKSANA
DI SUSUN OLEH
NAMA :S
A L I
NISS :12
11 28 68
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
(SMK)
DWI PUTRA
BANGSA
JL.Raya
Km.12 Desa Ciburial Kecamatan Cimnaggu.Kab.Pandeglang - banten
42284
HP.081
311 049 579
LEMBAR
PENGESAHAN
PEMBIMBING
I
IRFAN
|
PEMBIMBING
II
AGUS
|
Mengetahui ,
Ketua panitia PSG
RASAD,SE
KEPALA
SEKOLAH
SMK
DWI PUTRA BANGSA
DRS.SUHERMIN.SPd.M.MPd
|
KEPALA BENGKEL
BIJAKSANA
DUDI
JUNAEDI
|
NIP.
|
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji
syukur kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada
saya, sehingga saya dapat mnyelesaikan
laporan hasil pelaksanaan pendidikan sistem ganda(PSG).
Penyusunan laporan pendidikan
sistem ganda ini Alhamdulilah telah selesai walaupun di kerjakan dengan sangat
sederhana . dalam menyusun laporan ini penyusun menyadari bahwa dalam
penyusunannya masih banyak kekurangan – kekurangan ,oleh karena itu dengan
segala saran dan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Laporan ini dapat
terbuat dan di selesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi
maupun teknis,oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Bpk
Drs.sukasmanto selaku ketua yayasan SMK Dwi Putra Bangsa Cimanggu.
2. Ibu
suhermin S.Pd Selaku kepala sekolah SMK
Dwi Putra Bangsa cimanggu
3. Bapak
/ Ibu guru yang telah memberikan petunjuk dan pengarahan, penulis berharap
semoga Allah swt. Berkenan memberikan pahala yang berlipat ganda serta
menberikan perlindungan pada beliau atas bantuan yang telah di berikan kepada
penulis.
4. Kepada
kedua orang tua yang telah memberikan dorongan baik material maupun spiritual
kepada putra putrinya untuk menyelesaikan
study di smk DPB.
5. Kepada
teman- teman yang banyak membantu hingga tersusunya laporan ini
6. Serta
kepada para pembimbing psg yang ada di
bengkel bijaksana yang telah membimbing kurang lebih selama 3 bulan.
Akhirnya penulis
mengucapkan semoga laporan ini bermanfaat khususnya bagi saya umunya bagi
pembaca di masa yang akan datang.penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh
dari sempurna,karna penulis masih dalam tahap belajar.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar………………………………………………………………………….
Daftar isi…………………………………………………………………………………..
BAB I
Pendahuluan
1.1.Latar
belakang…………………………………………………………………………
1.2.
Tujuan…………………………………………………………………………
1.3.Tujuan
Umum…………………………………………………………………………
1.4.Tujuan
Khusus…………………………………………………………………………
BAB II
PROSES PELAKSANAAN KEGIATAN PSG
2.1.Tempat
Pelaksanaan ………………………………………………………………
2.2.Alat
dan bahan ………………………………………………………………
2.3.
Hasil yang di capai………………………………………………………………
BAB III
Proses Pengerjaan
3.1.
Kegiatan keterampilan………………………………………………………………
3.2.Hasil
yang di capai………………………………………………………………
BAB IV
Temuan
4.1.Faktor
Pendukung………………………………………………………………
4.2.Faktor
Penghambat………………………………………………………………
4.3.Manfaat
Yang Di Rasakan ………………………………………………………………
BAB V
Penutup
5.1.Kesimpulan………………………………………………………………
5.2.Saran………………………………………………………………
LAMPIRAN…………………………………………………………..
BAB 1
1.1.Latar belakang
PSG merupakan sala satu kegiatan yang di lakukan di luar
sekolah dengan waktu
yang telah di tentukan. Dan PSG juga
merupakan sala satu syarat untuk mengikuti UJI kompetensi dan ujian nasional.
PSG pada hakekatnya untuk menciptakan siswa/tenagan kerja
propesional dan siap pakai,juga memiliki kemampuan yang lebih dan pengalaman
yang cukup di bidang kerja.
PSG di bengkel BIJAKSANA
adalah bagian PSG yang memiliki
pengalaman,juga memberi tau tentang
kesabaran dan pengetahuan APD dan cara bagaiman kita menjadi seorang
mekanik yang baik
1.2.TUJUAN
Praktek kerja lapangan sangat berharga dan sangat
berarti terutama bagi para generasi penerus bangsa,lebih mengenal bagaimana
menjadi pegawai yang jujur,baik dan bertanggung jawab. Terutama dalam
melaksanakan tugas-tugas yang bersikap mendorong dan membantu agar lebih
mengetahui bagaimana cara mengembangakan tekhnologi dan komunikasi yang baik,sehingga
dapat menjadi bahan evaluasi bagi kami semua di masa yang akan datang sehingga
dapat mencapai pada kesempurnaan.
1.3.TUJUAN UMUM
Mengenal lebih jauh dunia kerja khususnya di bidang
otomotif
1.4.TUJUAN KHUSUS
Melatih pribadi agar dapat menjadi mekanik yang baik
khususnya dalam penerapan ilmu-ilmu yang di ajarkan sekolah dan
mengaplikasikannya dalam lingkungan masing-masing.
BAB II
PROSES PENGERJAAN
2.1.Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
Hari :Rabu
Tanggal :12
september 2012
Waktu :08.00
s/d Selesai
Tempat :
Bengkel Bijaksana
2.2.
Alat Dan Bahan
NO
|
Alat
|
Bahan
|
1.
2.
3.
|
Kunci full
set gurinda
Kompresor klaher
Kunci
inggris mesin mobil
|
Baud mur
Oli lampu
Bolham kompas
|
2.3.Proses Pengerjaan
Adapun
proses pengerjaan sangatlah mudah juga santai dan kita harus ulet dan rajin
jangan terburu-buru
2.4.Hasil Yang Di Capai
1. Dapat mengerjakan
kegiatan proses mekanik untuk membantu karyawan bengkel.
2. Mengetahui suatu
perkembangan bengkel bijaksana.
3. Dapat mengetahui
kinerja para karyawan bengkel bijaksana.
BAB
III
PROSES
PENGERJAAN
3.1.Pelaksanaan
NO
|
Hari / Tanggal
|
Kegiatan keterampilan
|
1
|
17s/d30
september 2012
|
Membersihkan mesin ,stel klep ,bongkar karbu,
faking , Pasang sbleker, ganti bolham, ganti gir motor, ganti busi.
|
2
|
1s/d31Oktober
2012
|
Ganti filter , ganti fillimg lampu, stel klep,
ganti matahari,
|
3
|
1s/d11
Nopember 2012
|
Buka radiator, ganti gardan,ngelas kenalpot, ganti
kenalpot , ganti lampu ,turun mesin, skir klep, ganti piring lampu.
|
3.2.Hasil Yang Di Capai
Alhamdulilah dengan adanya kegiatan PSG ini saya dapat
mengerti dan memahami bagaimana cara bongkar pasang sebuah kendaraan dan saya
juga mendapat pengalaman yang sangat mengesankan , selama saya bekerja atau
magang di bengkel BIJAKSANA.
BAB
IV
TEMUAN
4.1. Keterlaksanaan
A.Faktor Pendukung
v Kesediaan
DU/DI menerima dan memberikan tempat
bagi siswa yang sedang melaksanakan PSG.
v Adanya guru
pembimbing DU/DI
v Adanya alat dan
bahan yang di butuhkan
B.Faktor Penghambat
v Kurangnya
pekerjaan atau kegiatan
v Adanya musim
hujan
v Kurangnya kerja
sama
4.2.Manfaat yang di rasakan
Selama melaksanakan PSG di bengkel bijaksana ini banyak sekali yang di rasakan oleh saya :
v Punya banyak
kenalan yang usianya yang tidak sebanding dengan kita
v Dapat membedakan
pelajaran yang di pelajari di sekolah dan di DU/DI
v Memperbanyak
ilmu yang di dapat
v Mendapatkan
pengalaman baru yang bermotifasi
v Mengenal
bagaimana cara menerima tamu dengan baik
v Tau dan mengerti
bagaimana kerja di suatu intansi
BAB
V
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Penyusun
laporan ini,berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama melaksanakan PSG . Penyusun laporan ini bermaksud
agar siswa siswi senantiasa bertanggung jawab dan dapat di siplin terhadap
tugas yang di bebankan untuk bisa mandiri sehingga siswa dapat melaksanakan
serta menyelesaikan tugasnya dengan baik, bisa berpikir dan berprilaku positif,
kreatif, dan inovatif dengan di tambah sarana dan prasarana yang menunjukan
pelaksanaan penyusunan laporan agar sesui dengan prosedur dan mendapatkan hasi
yang optimal.
Walaupun
hasilnya sangat jauh dan belum sempurna karna di samping penulis dalam tahap
belajar juga keterbatasan kemampuan yang di miliki penulis sehingga dapat
menghambat proses pelaksanaan
5.2.Saran
Sebagai manusia ( umumnya ) siswa khusunya,saya hanya bisa
bersukur kepada Allah swt.yang telah memberi umur panjang sehingga dapat
menyelesaiakn (PSG ) Dengan rasa
semangat , rasa syukur, tanggung jawab , saya membuat laporan ini ,hanya bisa
memberikan sepatah atau dua patah kata. Yaitu saran untuk pihak sekolah agar
lebih maksimal lagi dalam melaksanakan bimbingan atau petunjuk sehingga yang di
peroleh dapat di percaya ,teruji, handal dan
mendapatkan intansi yang tempat yang sesuai dengan kemampuan yang di
miliki dan untuk DU/DI agar mau
memberikan keterangan kepada penyusun laporan tentang kegiatan dan aturan yang
ada di bengkel bijaksana, lebih meperhatikan
siswa yang sedang melaksanakan PSG
dan menganggap peserta PSG sebagai teman kerja / kolega dan tidak membeda
bedakan , juga menempatkan pekerjaan yg tidak layak atau tidak sesuai dengan
jurusannya.
LEMBAR PENGUJI
TANGGAL…………/ BULAN………./ TAHUN………
PENGUJI I PENGUJI II
…………………………
…………………………..
LAMPIRAN -
LAMPIRAN
0 comments:
Post a Comment