MY PROFIL

Nama : Hasan Wirayuda Tempat Tanggal/Lahir : Cibitung, 14 Mei 1993 Jenis Kelamin : Laki-laki Agama : Islam Hobi : Olahraga Kewarganegaraan : Indonesia E-mail : wirayudash@gmail.com dehanforever@gmail.com

Translate

Wednesday, May 8, 2013

Laporan PSG( PENDIDIKAN SISTEM GANDA )



LAPORAN

PENDIDIKAN SISTEM GANDA


(PSG)
DI BENGKEL BIJAKSANA





DI SUSUN OLEH

NAMA                        :S A L I
NISS                           :12 11 28 68


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(SMK)
DWI PUTRA BANGSA

JL.Raya Km.12 Desa Ciburial Kecamatan Cimnaggu.Kab.Pandeglang  -  banten 42284
HP.081 311 049 579

LEMBAR PENGESAHAN


                                                    
PEMBIMBING I





IRFAN
PEMBIMBING II





AGUS

Mengetahui ,
Ketua panitia PSG



RASAD,SE


KEPALA SEKOLAH
SMK DWI PUTRA BANGSA





DRS.SUHERMIN.SPd.M.MPd
KEPALA  BENGKEL
BIJAKSANA





DUDI JUNAEDI
            NIP.



KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada saya, sehingga saya dapat mnyelesaikan  laporan hasil pelaksanaan pendidikan sistem ganda(PSG).
Penyusunan laporan pendidikan sistem ganda ini Alhamdulilah telah selesai walaupun di kerjakan dengan sangat sederhana . dalam menyusun laporan ini penyusun menyadari bahwa dalam penyusunannya masih banyak kekurangan – kekurangan ,oleh karena itu dengan segala saran dan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Laporan ini dapat terbuat dan di selesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis,oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.     Bpk Drs.sukasmanto selaku ketua yayasan  SMK Dwi Putra Bangsa Cimanggu.
2.     Ibu suhermin S.Pd Selaku kepala sekolah SMK Dwi Putra Bangsa cimanggu
3.     Bapak / Ibu guru yang telah memberikan petunjuk dan pengarahan, penulis berharap semoga Allah swt. Berkenan memberikan pahala yang berlipat ganda serta menberikan perlindungan pada beliau atas bantuan yang telah di berikan kepada penulis.
4.     Kepada kedua orang tua yang telah memberikan dorongan baik material maupun spiritual kepada putra putrinya untuk menyelesaikan  study di smk DPB.
5.     Kepada teman- teman yang banyak membantu hingga tersusunya laporan ini
6.     Serta kepada  para pembimbing psg yang ada di bengkel bijaksana yang telah membimbing kurang lebih selama 3 bulan.
Akhirnya penulis mengucapkan semoga laporan ini bermanfaat khususnya bagi saya umunya bagi pembaca di masa yang akan datang.penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna,karna penulis masih dalam tahap belajar.

DAFTAR ISI

Kata Pengantar………………………………………………………………………….
Daftar isi…………………………………………………………………………………..

BAB I
Pendahuluan
1.1.Latar belakang…………………………………………………………………………
1.2. Tujuan…………………………………………………………………………
1.3.Tujuan Umum…………………………………………………………………………
1.4.Tujuan Khusus…………………………………………………………………………

BAB II
PROSES PELAKSANAAN KEGIATAN PSG
2.1.Tempat Pelaksanaan ………………………………………………………………
2.2.Alat dan bahan ………………………………………………………………
2.3. Hasil yang di capai………………………………………………………………

BAB III
Proses Pengerjaan
3.1. Kegiatan keterampilan………………………………………………………………
3.2.Hasil yang di capai………………………………………………………………

BAB IV
Temuan
4.1.Faktor Pendukung………………………………………………………………
4.2.Faktor Penghambat………………………………………………………………
4.3.Manfaat Yang Di Rasakan ………………………………………………………………

BAB V
Penutup
5.1.Kesimpulan………………………………………………………………
5.2.Saran………………………………………………………………
LAMPIRAN…………………………………………………………..
BAB 1
     1.1.Latar belakang
PSG merupakan sala satu kegiatan yang di lakukan di luar sekolah dengan                                                                 waktu yang telah di tentukan. Dan PSG juga merupakan sala satu syarat untuk mengikuti UJI kompetensi dan ujian nasional.
PSG pada hakekatnya untuk menciptakan siswa/tenagan kerja propesional dan siap pakai,juga memiliki kemampuan yang lebih dan pengalaman yang cukup di bidang kerja.
PSG di bengkel BIJAKSANA adalah bagian PSG yang memiliki pengalaman,juga memberi tau tentang kesabaran dan pengetahuan APD dan cara bagaiman kita menjadi seorang mekanik yang baik

1.2.TUJUAN
Praktek kerja lapangan sangat berharga dan sangat berarti terutama bagi para generasi penerus bangsa,lebih mengenal bagaimana menjadi pegawai yang jujur,baik dan bertanggung jawab. Terutama dalam melaksanakan tugas-tugas yang bersikap mendorong dan membantu agar lebih mengetahui bagaimana cara mengembangakan tekhnologi dan komunikasi yang baik,sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi kami semua di masa yang akan datang sehingga dapat mencapai pada kesempurnaan.
            1.3.TUJUAN UMUM
Mengenal lebih jauh dunia kerja khususnya di bidang otomotif
            1.4.TUJUAN KHUSUS
Melatih pribadi agar dapat menjadi mekanik yang baik khususnya dalam penerapan ilmu-ilmu yang di ajarkan sekolah dan mengaplikasikannya dalam lingkungan masing-masing.


BAB II
PROSES PENGERJAAN

2.1.Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
Hari                            :Rabu
Tanggal                     :12 september 2012
Waktu                       :08.00 s/d Selesai
Tempat                      : Bengkel Bijaksana
2.2. Alat Dan Bahan

NO
Alat
Bahan
1.
2.
3.
Kunci full set                 gurinda
Kompresor                    klaher
Kunci inggris              mesin mobil
Baud               mur
Oli                   lampu
Bolham           kompas
2.3.Proses Pengerjaan
            Adapun proses pengerjaan sangatlah mudah juga santai dan kita harus ulet dan rajin jangan terburu-buru
2.4.Hasil Yang Di Capai
1.   Dapat mengerjakan kegiatan proses mekanik untuk membantu karyawan bengkel.
2.   Mengetahui suatu perkembangan bengkel bijaksana.
3.   Dapat mengetahui kinerja para karyawan bengkel bijaksana.


BAB III

PROSES PENGERJAAN

3.1.Pelaksanaan

NO
Hari / Tanggal
Kegiatan keterampilan
1
17s/d30 september 2012
Membersihkan mesin ,stel klep ,bongkar karbu, faking , Pasang sbleker, ganti bolham, ganti gir motor, ganti busi.
2
1s/d31Oktober 2012
Ganti filter , ganti fillimg lampu, stel klep, ganti matahari,
3
1s/d11 Nopember 2012
Buka radiator, ganti gardan,ngelas kenalpot, ganti kenalpot , ganti lampu ,turun mesin, skir klep, ganti piring lampu.

3.2.Hasil Yang Di Capai
          Alhamdulilah dengan adanya kegiatan PSG ini saya dapat mengerti dan memahami bagaimana cara bongkar pasang sebuah kendaraan dan saya juga mendapat pengalaman yang sangat mengesankan , selama saya bekerja atau magang di bengkel BIJAKSANA.

           
BAB IV
TEMUAN

4.1. Keterlaksanaan
A.Faktor Pendukung
v Kesediaan DU/DI  menerima dan memberikan tempat bagi siswa yang sedang melaksanakan PSG.
v Adanya guru pembimbing DU/DI
v Adanya alat dan bahan yang di butuhkan


B.Faktor Penghambat
v Kurangnya pekerjaan atau kegiatan
v Adanya musim hujan
v Kurangnya kerja sama

4.2.Manfaat yang di rasakan
 Selama melaksanakan PSG di bengkel bijaksana ini banyak sekali yang  di rasakan oleh saya :
v Punya banyak kenalan yang usianya yang tidak sebanding dengan kita
v Dapat membedakan pelajaran yang di pelajari di sekolah dan di DU/DI
v Memperbanyak ilmu yang di dapat
v Mendapatkan pengalaman baru yang bermotifasi
v Mengenal bagaimana cara menerima tamu dengan baik
v Tau dan mengerti bagaimana kerja di suatu intansi


BAB V
PENUTUP

5.1. Kesimpulan
Penyusun laporan ini,berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama melaksanakan PSG . Penyusun laporan ini bermaksud agar siswa siswi senantiasa bertanggung jawab dan dapat di siplin terhadap tugas yang di bebankan untuk bisa mandiri sehingga siswa dapat melaksanakan serta menyelesaikan tugasnya dengan baik, bisa berpikir dan berprilaku positif, kreatif, dan inovatif dengan di tambah sarana dan prasarana yang menunjukan pelaksanaan penyusunan laporan agar sesui dengan prosedur dan mendapatkan hasi yang optimal.
Walaupun hasilnya sangat jauh dan belum sempurna karna di samping penulis dalam tahap belajar juga keterbatasan kemampuan yang di miliki penulis sehingga dapat menghambat proses pelaksanaan

5.2.Saran
          Sebagai manusia ( umumnya ) siswa khusunya,saya hanya bisa bersukur kepada Allah swt.yang telah memberi umur panjang sehingga dapat menyelesaiakn (PSG ) Dengan rasa semangat , rasa syukur, tanggung jawab , saya membuat laporan ini ,hanya bisa memberikan sepatah atau dua patah kata. Yaitu saran untuk pihak sekolah agar lebih maksimal lagi dalam melaksanakan bimbingan atau petunjuk sehingga yang di peroleh dapat di percaya ,teruji, handal dan  mendapatkan intansi yang tempat yang sesuai dengan kemampuan yang di miliki dan untuk DU/DI agar mau memberikan keterangan kepada penyusun laporan tentang kegiatan dan aturan yang ada di bengkel bijaksana, lebih meperhatikan  siswa yang sedang melaksanakan PSG dan menganggap peserta PSG sebagai teman kerja / kolega dan tidak membeda bedakan , juga menempatkan pekerjaan yg tidak layak atau tidak sesuai dengan jurusannya.

LEMBAR PENGUJI


     TANGGAL…………/ BULAN………./ TAHUN………





                   PENGUJI I                                                   PENGUJI II


         
          …………………………                        …………………………..









LAMPIRAN - LAMPIRAN

0 comments:

Post a Comment